Tuesday 29 June 2010

Tips: Aman dan Nyaman ber-BB

BlackBerry sudah jadi barang primer bagi 1.5 juta pengguna Berry di Indonesia. Nah sepertinya penting tuh ngingetin kepada para BerryUser kalau pake BB juga ada etikanya biar aman. Ini ada sedikit tips dan triks agar kita bisa menggunakan BlackBerry dengan aman.

BACKUP!: Hal pertama yang perlu dilakukan setelah BB nya dipake adalah backup rutin. Backup BB jaman sekarang sangat gampang. Yang paling enak sih Install Desktop Manager di PC. Desktop Manager ini disertakan dalam paket pembelian BB ya, ada CD didalam box. Install aja. Setelah install jalankan, dan kemudian colok BB nya. Disana ada pilihan Backup. Klik aja langsung. Bagi yang gak punya PC/Mac, bisa memakai cara install Google Sync di BlackBerry-nya dan kemudian backup aja dengan memakai email gmail, dan untuk backup BBM listnya memakai cara backup online di BBM (caranya bisa di klik disini http://post.ly/WzKy )

PASSWORD: Iya, selalu gunakan password untuk BlackBerry. Bukan apa2 sihhhh, tapi ini menghindari pencurian data, orang iseng otak atik BB kita. By the way, penggunaan password ini kayak pedang mata 2, selain aman ada bahayanya juga sih. Bahayanya adalah... KALAU SALAH PASSWORD sampai 10x maka SELURUH DATA DI BB AKAN DIHAPUS. 

BB SAMBIL SETIR: yakkk, ber BB sambil nyetir adalah BIG BIG NO!. BAHAYAAA!! Inget itu ya.. jangan ber BB-an sambil nyetir. Sayangi nyawa anda dan nyawa orang lain di jalan dengan tidak ber BB sambil nyetir. BAHAYA sooob!

INSTALL YG VALID: ini maksudnya, install aplikasi yang valid ya, jangan semua aplikasi yang gak jelas siapa developernya main install aja. Harus dipastikan tuh aplikasi bener gak, yang bikin siapa, trus apa gunanya. Karena bisa jadi aplikasi yang diinstall gak cocok sama OS kamu dan mbikin BB kamu jadi malah gak sehat. Demam panas lah, jadi bego ngehang lah. Kalau mau install liat vendornya siap, ada penjelasan info ketika mau Install. Kalau vendor jelas, apalagi dari BlackBerry langsung ya hajar aja install.

SD Card: Pakailah Memory SD Card yang bonafid ya. Yang bagus... Karena pemakaian SD Card abal abal bisa mengganggu kerja BB loh. Bisa bikin ngehang, bisa bikin corrupt OS. Jadi pilihlah SD Card yang jaminan pabrikannya bagus, supportnya juga bagus, dan mereknya bagus.

REFRESH: BB itu alat elektronik loh, biasakan refresh biar kinerjanya kembali normal. Refresh bisa macem macem, mulai pake aplikasi quickpull biar restrart otomatis dan terjadwal, atau pake cara tekan kombinasi keypad ALT + CAPS + DEL, atau bisa juga memakai cara kuno (yang ini lebih saya suka) buka batt setiap pagi 5 menit untuk refresh total BlackBerry anda.

Itu sih cara sederhana yang masih dipake admin BlackBerryUser sampai sekarang, setelah memakai BB bertahun tahun lamanya....

No comments:

Post a Comment

Please feel free to comment....